Anggota Koalisi
Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Aliansi Buruh Menggugat/ABM (KASBI, SBSI 1992, SPOI, SBTPI, FNPBI, PPMI, PPMI 98, SBMSK, FSBMI, FSBI, SBMI, SPMI, FSPEK, SP PAR REF, FKBL Lampung, SSPA NTB, KB FAN Solo, AJI Jakarta, SBJ, FKSBT, FPBC, FBS Surabaya, PC KEP SPSI Karawang, GASPERMINDO, ALBUM Magelang, FKB Andalas), YLBHI, LBH Pers, LBH Jakarta, Aliansi Nasional Bhineka Tunggal Ika (ANBTI), PBHI, TURC, LBH Pendidikan, Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM), Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI), Serikat Guru Tangerang, Serikat Guru Garut, Federasi Guru Independen Indonesia, ICW, LBH APIK, IKOHI, KONTRAS, PPR, Somasi-Unas, SPR, Arus Pelangi, GMS, LPM Kabar, Lembaga Kebudayaan Nasional (LKN), Praksis, Forum Pers Mahasiswa Jabodetabek (FPMJ), FMKJ, Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP), FSPI, Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI), Repdem Jakarta, SPN, OPSI, SP LIATA, SPTN Blue Bird Grup
Links
Media
Tuesday, March 6, 2007
Wartawan Aksi Buat Korban Levina dan Kompas
RADAR JOGJA
Rabu, 28 Februari 2007

JOGJA - Aksi solidaritas terhadap wartawan yang menjadi korban tenggelamnya KMP Roro Levina I dilakukan belasan jurnalis Jogja. Aksi yang digelar di halaman Gedung DPRD DIJ itu menarik perhatian banyak pihak. Selain wartawan, aksi itu juga diikuti beberapa anggota DPRD DIJ.

"Kita bersama-sama berdoa, agar mereka yang menjadi korban, termasuk kawan-kawan dari media, arwahnya diterima di sisi-Nya ," ujar anggota FPKS Cholid Mahmud saat memimpin doa. Cholid hadir di tengah-tengah aksi bersama koleganya Ketua DPW PAN DIJ Immawan Wahyudi. Keduanya duduk lesehan bersama wartawan dan belasan anggota Samapta Poltabes yang juga ikut bergabung dalam aksi tersebut.

Di tempat sama, Koordinator Aksi Wiwik Susilo mengatakan dengan aksi itu pihaknya ingin mengingatkan kepada semua pihak mulai dari para redaktur, pemimpin redaksi hingga pemilik media dan masyarakat tentang keberadaan wartawan yang bertugas di lapangan. Menurut reporter SCTV ini, wartawan atau jurnalis adalah manusia. "Jurnalis juga manusia butuh selamat," tutur pria yang tinggal di daerah Taman Sari Keraton Jogja ini.

Musibah terbaliknya KMP Levina itu menjadi cermin dan evaluasi bahwa keselamatan jurnalis saat melaksanakan tugas peliputan wajib dilindungi. Pihak perusahaan serta instansi yang berhubungan di saat tugas hendaknya memperhatikan keselamatan wartawan ini.

Beberapa jam setelah aksi solidaritas terhadap jurnalis korban tenggelamnya KMP Levina, juga digelar aksi solidaritas. Kali ini terkait dengan solidaritas terhadap nasib yang menimpa mantan wartawan Kompas P Bambang Wisudo.

Aksi itu digalang oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jogja, Federasi Serikat Pekerja Mandiri, dan Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) di Jalan Suroto, Kotabaru.

Dalam aksinya Komite Anti Pemberangusan Serikat Pekerja (KOMPAS) itu menuntut tiga hal. Ketua Federasi Serikat Pekerja Mandiri Marganingsih mengatakan tiga tuntutan yang diajukan itu meliputi permintaan klarifikasi dari pihak Kompas atas seruan yang menyebut pelaku aksi solidaritas sebagai petualang.

Kedua, meminta kepada Kompas untuk menghargai proses demokrasi berupa aksi solidaritas sebagai bentuk protes atas tindakan PHK secara sepihak terhadap Bambang Wisudo.

"Kami akan kembali melakukan aksi solidaritas di semua unit usaha Grup Kompas seperti Hotel Santika dan Gramedia seluruh Indonesia jika PHK terhadap Bambang Wisudo tidak dicabut," tukas Marganingsih.(kus)
posted by KOMPAS @ 7:02 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Previous Post
Archives
Powered by

Hit Counter
Hit Counter

Free Blogger Templates
BLOGGER

http://rpc.technorati.com/rpc/ping <